Cara Menonaktifkan dan Mengaktifkan Menu Klik Kanan


Di operating system windows menu klik kanan mouse banyak sekali kegunaanya, kebanyakan dari fungsi tersebut biasanya berhubungan dengan sistem properties. Menu klik kanan bisa dibilang sebuah shortcut/jalan pintas menuju beberapa menu di komputer kita. Dengan menu ini pekerjaan kita akan lebih mudah dan gampang. Ya sebenarnya menu tersebut memang sangat berguna, namun terkadang kita harus menonaktifkan menu klik kanan karena berbagai alasan. Salah satunya adalah kita tidak ingin komputer kita di otak-atik oleh orang lain. Iya kalau orang itu ngerti atau pinter otak-atik komputer sih gak apa-apa. Cuman bagaimana jadinya kalau orang itu adalah orang gaptek yang tidak mengerti komputer sama sekali, bisa-bisa komputer kita rusak. Ok langsung saja mari kita praktekkan trick menonaktifkan menu klik kanan.
  1. Masuk ke Registry Editor (regedit), caranya klik Start, klik Run, kemudian ketikkan Regedit, klik  OK

  2. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER. Pilih Software

  3. Kemudian pilih Microsoft kemudian masuk ke  Windows 

  4. Pilih CurrentVersion dan masuk ke Policies 

  5. Setelah itu klik Explorer

  6. Setelah masuk ke Explorer silakan klik kananpada jendela sebelah kananpilih New kemudian DWORD Value beri nama NoViewContextMenu

  7. Setelah itu berikan value 1 pada NoViewContextMenu dengan cara double klik NoViewContextMenu.  Kemudian klik OK

  8. Langkah terakhir silakan restart komputer
Untuk merubah atau mengaktifkan kembali menu klik kanan. Anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas, dan yang terpenting silakan hapus atau beri value 0 pada Dword NoViewContextMenu. Dan langkah terakhir silakan restart komputer Anda. Demikian cara menonaktifkan dan mengaktifkan menu klik kanan pada komputer kita, semoga bermanfaat.

Komentar